Minggu, 11 Juni 2017

Pengalaman Magang di BI


Pada hari jumat 18 April 2017, saya ditemani oleh adik saya dating ke BI untuk mengajukan magang guna mendapatkan pengalaman kerja disana sambil mengisi waktu luang karena jadwal kuliah sudah mulai renggang. Sesampainya di BI dipintu masuk saya diarahkan oleh satpam untuk ke gedung tipikal arsek Departemen SDM, dkemudian oleh resepsionis di gedung tersebut saya ditujukan untuk bertemu dengan ibu Eny, beliau yang menerima anak-anak yang ingin magang di BI.
Saat saya bertemu dengan beliau, saya ditanya ingin magang dibulan apa lalu saya jawab saya ingin mulai magang setelah lebaran atau setelah UAS namun apa daya beliau menjawab sampai bulan-bulan itu kuota magangnya sudah penuh untuk semua departemen. Saya hamper pesimis dan putus asa karena pengorbanan saya untuk datang kesitu yang sudah nyasar-nyasar dijalan dan jalan kaki sejauh kurang lebih 100meter dari pintu masuk depan gedung C ke gedung tipikal arsek akan sia-sia. Lalu saya bertanya lagi bagaimana kalau magangnya sekarang-sekarang ini, beliau pun menjawab untuk sekarang-sekarang ini juga sudah penuh bahkan saya diajukan magang dibulan oktober atau november oleh beliau, sementara target saya dibulan oktober saya harus sudah wisuda dan melamar kerja. Tetapi dengan berat hati saya ok kan saja pendapat beliau tersebut dan saya langsung membrikan berkas-berkas yang sudah saya siapkan ke beliau. Beliau langsung membuka dan membaca-baca berkas yang saya kasih, setelah beberapa menit beliau mengulang-ngulang membacanya, beliau langsung bertanya kepada saya “Gagaimana kalau mulai besok saya mulai magangnya?” saya langsung menjawab “iya, saya bisa bu.” , setelah itu langsung ada kesepakatan saya ditempakan magang di Departemen Keuangan Divisi Operasional Sistem Keuangan. Saya pulang ke rumah dengan hati puas dan sangat senang karena saya sudah langsung mendapatkan putusan untuk magang di BI sesuai keinginan saya.
Hari pertama magang saya pertama kali bertemu dengan Ibu Rulien Asisten Direktur di OSK, Ibu Rulien memperkenalkan saya dengan mahasiswi yang magang di OSK namun sayangnya pada saat itu hari terakhir dia magang, lalu saya berkenalan dengan Pak Sutedjo Manajer di OSK, beliau juga lah yang memperkenalkan saya dengan seluruh karyawan di Divisi OSK. Selain brkenalan dengan seluruh karyawan di OSK, saya juga mempelajari SOP magang di OSK dan apa saja yang harus saya kerjakan. Hari pertama berjalan lancer.
Hari-hari berikutnya saya mulai mengerjakan pekerjaan rutin yang harus saya kerjakan, seperti memonitoring rekening Koran harian 560, menjatuh-jatuhkan rekening gantung rupiah, membuat balasan dokumen masuk (memorandum dan faksimili), dll. Meskipun yang pekerjaan yang dikerjaan seputaran itu-itu saja tetapi saya tidak merasa bosan, karena saya juga menghadiri beberapa acara yang diadakan di Departemen Keuangan, seperti “Love Monday” Sosialisasi Sistem Remunerasi dan Sistem Penilaian Jabatan, Doa bersama untuk acara Gathering, dll.
Tanpa terasa satu bulan sudah saya magang pada tanggal 19 Mei 2017 saya berpamitan dengan karyawan OSK sedih sih karena saya sudah mendapatkan banyak ilmu dari mereka terutama Pak Tedjo saya mendapati banyak pelajaran dari beliau namun sayang saat saya pamitan dihari terakhir saya magang Pak Tedjo sedang ada tugas ke Batam padahal saya ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada beliau. Selain itu saya juga sudah sangat merasa nyaman magang disitu. Saya hanya bisa berharap setelah lulus ada pembukaan lowongan di BI dan saya bisa bekerja disana. AMIIN..
Nama   : Ainul Mawaddah
NPM   : 10213491
Kelas   : 4EA17


Tidak ada komentar:

Posting Komentar