Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jumat, 24 April 2015

Kontribusi dalam Perbaikan Masa Depan Bangsa dan Negara

Hiii Bloggers..............
Kali ini saya mengupload tugas Esai untuk mata kuliah Soft Skill Pendidikan Kewarganegaraan dengan tema "Kontribusi yang bisa dilakukan dalam memperbaiki masa depan Bangsa dan Negara Indonesia", Semoga bermanfaat buat bloggers semuaaa....

“Kontribusi dalam Perbaikan Masa Depan Bangsa dan Negara”

Sebagai seorang warga Negara sudah selayaknya kita ikut berkontribusi dalam melakukan bela Negara. Bela Negara yang dimkasud disini adalah bukan membela Negara dengan menggunakan senjata atau bambu runcing lagi melainkan dengan cara menggunakan segenap akal dan fikiran kita untuk membuat Negara kita menjadi sebuah Negara yang maju dan tidak diremehkan oleh Negara lain ataupun dijajah lagi oleh Negara lain melalui pembodohan bangsa. Nah mau tau apa saja yang bisa kita lakukan dalam hal bela Negara demi kemajuan bangsa dan Negara? Penulis akan mengulas bahasan tersebut pada paragraf-paragraf berikutnya disimak yaa.. J

Membela negara menurut saya merupakan sebuah keharusan bagi setiap warga Negara, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk ikut berkontribusi dalam meperbaiki masa depan bangsa dan Negara baik dari hal yang kecil maupun dalam hal yang besar. Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa yang bisa kita lakukan untuk ikut berkontribusi dalam memperbaiki masa depan bangsa dan Negara adalah dengan cara belajar dengan serius melatih terus kemampuan yang kita miliki. Karena investasi yang besar adalah ilmu dan pendidikan. Majunya suatu Negara pasti ada orang-orang hebat didalamnya, dan orang-orang hebat itu adalah orang yang memiliki ilmu yang tinggi tentunya dengan pendidikan yang tinggi pula.

Suatu Negara bisa maju bukan karena Negara itu awalnya memiliki modal yang banyak, memiliki kekayaan alam yang melimpah atau memiliki luas wilayah Negara yang sangat luas, akan tetapi yang menjadi sumber utamanya adalah Negara itu memiliki orang-orang yang berkemampuan dan kemauan tinggi untuk memajukan bangsa dan negaranya. Hanya untuk sekedar intermezo saja, ambil saja sebagai contohnya Negara jepang dulu Negara jepang tepatnya di kota Nagasaki dan Hiroshima pernah di bom oleh tentara sekutu pada saat itu Negara mereka benar-benar hancur, akan tetapi mereka bisa dengan cepat menjadi Negara yang sangat maju bukan karena punya modal yang banyak toh untuk memperbaiki kota-kota besar mereka yang hancur akibat di bom saja mereka sudah kalang kabut dan akhirnya menyerah membiarkan kita merdeka, lalu bukan juga karena mereka mempunyai kekayaan alam yang melimpah dibandingkan dengan Negara kita kekayaan alamnya mereka sudah pasti kalah toh yang menjadi alasan mereka menjajah kita dulu juga karena kekayaan alam yang kita miliki bukan, dan tidak juga karena luas wilayah Negara mereka yang luas toh luas wilayah mereka pun tidak begitu luas. Akan tetapi, mereka mempunyai orang-orang yang cerdas yang mempunyai pemikiran yang bagus serta ide-ide yang cemerlang, sehingga Negara mereka bisa menjadi Negara yang maju tidak butuh waktu yang sangat lama bagi mereka untuk membangun Negara mereka kembali setelah kota-kota besar mereka diluluh lantakan.

Nah oleh karena itu lah kita sebagai warga Negara Indonesia dan sebagai seorang pelajar atau mahasiswa kita dapat berkontribusi dalam membangun Negara kita dalam rangka meningkatkan tingkat kualitas manajemen sumber daya manusia di negeri tercinta kita ini dengan cara banyak belajar agar bisa menjadi MSDM yang berkualitas, meningkatkan skill atau kemampuan untuk bersaing dengan warga Negara asing, dan terus menimba ilmu sampai pada tingkat yang paling tinggi serta jangan lupa mengamalkan ilmu yang dimiliki demi kemajuan negeri kita sendiri, karena ilmu tanpa diamalkan juga percuma toh.

Nah dari berbagai cuplikan di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa suatu Negara bisa maju apabila Negara tersebut memiliki bangsa yang cerdas sehingga manajemen sumber daya manusianya pun juga berkualitas. Dengan manajemen sumber daya manusia yang berkualitas mereka mampu bersaing dengan Negara-negara lain. Dengan MSDM yang berkualitas pula mereka mampu mengeruk modal yang banyak, membangun berbagai sektor yang mandiri dan produktif, serta mampu menduduki pasar tenaga kerja yang luas. Dan agar Indonesia bisa menjadi Negara yang maju kita sebagai generasi penerus bangsa dan sebagai seorang pelajar atau mahasiswa harus bisa berkontribusi dalam membangun Negara kita menjadi Negara yang maju dengan cara terus belajar mengeruk ilmu sedalam-dalamnya agar nanti kita dapat memajukan negeri ini dengan ilmu yang kita miliki.

Nama  : Ainul Mawaddah
NPM    : 10213491
Kelas    : 2EA17


Negeriku Sayang Negeriku Malang

Hiii Bloggers..............
Kali ini saya mengupload tugas Esai untuk mata kuliah Soft Skill Pendidikan Kewarganegaraan dengan tema "Yang memprihatinkan dari Bangsa dan Negeri Indonesia", Semoga bermanfaat buat bloggers semuaaa....

Negeriku Sayang Negeriku Malang

Indonesia adalah negeri yang memiliki berjuta keindahan alam, tanah yang subur, laut yang luas dengan sumber daya yang melimpah, pegunungan yang hijau nan asri, hutan yang lebat, dan hasil bumi yang meruak. Namun apalah arti dari semuanya apabila dirusak dengan tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab. Dengan berbagai macam cara mereka merusak pertiwi ku yang elok ini. Tidak sadarkah mereka bahwa bumi pertiwi ini lah tempat mereka berpijak? Bumi pertiwi di Negeri tercinta kita ini seharusnya kita rawat agar tetap lestari karena nasib kelangsungan kehidupan generasi penerus bergantung pada keadaan alam dibumi pertiwi sebaliknya nasib bumi pertiwi bergantung kepada lakon pemeran kehidupan yaitu kita sebagai manusia yang menempati bumi pertiwi ini, KITA SEBAGAI BANGSA INDONESIA.

Banyak sekali fenomena-fenomena perbuatan illegal yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggunggung jawab dan yang lebih memilukan lagi yang melakukan hal itu adalah orang dari bangsa kita sendiri demi kepentingan pribadinya mereka melakukan pengeksploitasian secara illegal terhadap sumber daya alam kita dengan merusak alam kita. Sudah sebegitu rusak kah moral bangsa Negeri ini? Mereka keruk isi perut bumi pertiwi ini sedalam-dalamnya untuk mengisi perut buncitnya sendiri, mereka gunduli hutan-hutan di negeri mereka sendiri bak seorang tukang cukur yang ahli, mereka raup ikan-ikan di lautan dengan rakus seperti kucing yang sedang kelaparan lalu mereka rusak alam sekitarnya dengan tangan-tangan kotor mereka. SUNGGUH SANGAT MEMILUKAN.

Pertiwiku yang indah nan permai. Pesonanya mampu menyihir mata yang memandangnya dengan kekaguman akan keindahanya, namun kini memandangnya justru membuat hati pilu merasa miris dan memprihatinkan. Banyak bencana alam terjadi dimana-mana. Ya apa boleh buat keseimbangan alam di negeri ini sudah berkurang akibat tangan-tangan hitam yang merusak alam kita. Ibarat sebuah timbangan yang berat sebelah karena berat beban yang di sebelah kiri lebih berat dibandingkan dengan beban yang disebelah kanan artinya sama dengan hal yag terjadi di Negeri ini yang merusak alam di negeri ini lebih banyak dibandingkan dengan orang yang merawat dan menjaga kelestarian alam di negeri tercinta kita ini.

Kurang ketatkah pengawasan di Negeri ini terhadap hasil sumber daya alamnya? Ataukah memang manusia-manusianya saja yang sudah rusak? Entahlah yang jelas semua ini tidak bisa dibiarkan harus ada penanngananya agar keseimbangan bumi pertiwi ini tetap terjaga dan negeri ini bisa makmur dengan hasil kekayaan alamnya yang melimpah ruah. Tapi kapan semua ini bisa teratasi? Sampai kapan semua ini bisa dihentikan? Hanya satu yang dapat menjawab semuanya yaitu tumbuhnya kesadaran dalam diri kita semua sebagai bangsa Indonesia harus mempunyai rasa memiliki atas kekayaan alam yang ada Negeri kita tercinta, namun bukan berarti merasa memiliki itu malah semaunya dan seenaknya untuk mengeksploitasi secara illegal, akan tetapi dengan cara menumbuhkan rasa ingin menjaga dan merawat keseimbangan alam di Negeri tercinta kita ini selayaknya merawat sesuatu barang berharga yang kita punya, dan salah satu menjaganya adalah dengan tidak lagi melakukan pengeksploitasiaan secara illegal terhadap sumber daya alam kita.

Nah kesimpulan yang dapat kita ambil dari cuplikan di atas adalah kemirisan yang terjadi pada alam di bumi pertiwi kita ini di Negeri Indonesia yang kesesimbangan alamnya terganggu akibat ulah kenakalan manusianya dan yang memprihatinkan yang melakukan kenakalan itu adalah orang-orang dari bangsa Indonesia itu sendiri yang egois dan terlalu rakus. Sebagai bangsa yang baik jangan merusak alam di negeri kita sendiri, justru kita harus merawat dan menjaganya agar tetap lestari karena kalau bukan kita siapa lagi..

Nama : Ainul Mawaddah
NPM  : 10213491
Kelas  : 2EA17

Sabtu, 18 April 2015

Negeri Ku dengan Kekayaan Alamnya yang Indah

Hiii Bloggers..............
Kali ini saya mengupload tugas Esai untuk mata kuliah Soft Skill Pendidikan Kewarganegaraan dengan tema "Yang saya banggakan dari negeri Indonesia", Semoga bermanfaat buat bloggers semuaaa....

"Negeri Ku dengan Kekayaan Alamnya yang Indah"


Indonesia adalah negeri yang memiliki alam yang kaya akan pemandanganya yang indah dan hasil alamnya yang melimpah ruah. Banyak sekali objek wisata alam Indonesia yang memiliki nilai estetika yang mendunia. Banyak sekali objek-objek yang dimiliki Indonesia yang bisa menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia itu sendiri. Apa saja objek-objeknya? Itulah yang akan dibahas oleh penulis pada paragraf berikutnya.

Panorama alam Indonesia menurut ku merupakan lukisan Sang Maha Kuasa yang paling indah. Bagaimana tidak? objek wisata alamnya bisa membuat Indonesia lebih dikenal dimata dunia, seperti Papua memilik Carstenz Pyramid atau biasa disebut dengan Puncak Jaya merupakan puncak yang tertinggi di Australia dan Oceania.


Sementara itu, Bali dengan pantai kutanya  yang menjadi objek wisata yang mendunia yang banyak didatangi oleh para wisatawan asing dari berbagai manca negara. Selain karena pemandangan lautnya yang indah Pantai kuta atau biasa disebut sebagai Sunset Beach ini sering didatangi oleh wisatawan asing untuk melihat sunset (suasan tenggelamnya matahari) di tepi pantai dan berjemur dibawah teriknya matahari di tepi pantai. Maka tak heran bila sering ditemui bule-bule atau orang asing disana. Selain berjemur dan melihat sunset aktifitas yang biasa dilakukan oleh wisatawan asing disana adalah berolahraga papan selancar, karena ombak di pantai kuta mempunyai tantangan tersendiri bagi wisatawan asing yang ingin berselancar.


Selain itu, Indonesia juga patut berbangga dengan keunikan dan kekayaan alam dari Goa Gong yang berada di wilayah Jawa Timur, menurut yang saya ketahui Goa Gong ini dijadikan sebagai goa terindah di Asia Tenggara karena di dalam Goa Gong ini terdapat berbagai macam tonjolan batuan stalaktit atau stalakmit yang begitu indah dan proses terjadinya yang secara alami. Di dalamnya juga tersimpan batu Kristal dan marmer dengan kualitas yang mendekati sempurna.

Selain yang disebutkan diatas masih banyak lagi objek wisata alam yang mendunia milik Indonesia. Dan sebagai bukti tersohornya keindahan Indonesia dimata dunia, melalui situs yang saya baca indonesiaberprestasi.web.id  negeri kita tercinta menempati posisi ke empat negara terindah di dunia , berdasarkan survei pengguna twitter dan Pinterest lewat sebuah situs asal Britania Raya.

Sebagai bangsa Indonesia saya bangga dengan kekayaan alam yang dimiliki oleh negeri saya tercinta ini yang bisa membuat nama Negara ku bisa dikenal dimata dunia karena objek wisata alamnya yang indah bak surga dunia yang nyata. Laut dengan berbagai kekayaanya, air yang  jernih bening bak keristal, dengan kehidupan biota bawah laut yang mengagumkan dan dengan sumber daya lautnya yang melimpah ruah. Pegunungan dengan pemandanganya yang asri dan sejuk, hasil sumber dayanya yang melimpah ruah pula.  Goa dengan pemandangan dalam goanya yang mengagumkan bagi para pecinta alam yang senang menjelajah ke dalam goa banyak goa-goa di Indonesia yang memiliki keindahan yang luar biasa di dalamnya.  Well, bagi kalian yang suka dengan alam dan ingin menikmati kekayaan alam yang tiada duanya tidak perlu pergi keluar negeri cukup keliling Indonesia saja dan cari tempat yang ingin Anda kunjungi. Cintailah produk negeri sendiri termasuk produk wisatanya.. hehe

Dengan berbagai cuplikan diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa negeri Indonesia merupakan negeri yang kaya akan panorama alamnya yang indah dan mendunia yang dapat membuat Indonesia lebih dikenal dimata dunia. Nah dari pembahasan diatas mengenai keindahan akan kayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia sudah merasa banggakah Anda sebagai bangsa Indonesia dan dengan negeri tercinta kita ini? Kalau sudah jangan lupa merawat kekayaan alam yang kita miliki agar tetap lestari dan tidak diklaim oleh Negara lain yaa... okeyy...  :)

Nama  : Ainul Mawaddah
NPM   : 10213491
Kelas   : 2EA17