Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jumat, 24 April 2015

Negeriku Sayang Negeriku Malang

Hiii Bloggers..............
Kali ini saya mengupload tugas Esai untuk mata kuliah Soft Skill Pendidikan Kewarganegaraan dengan tema "Yang memprihatinkan dari Bangsa dan Negeri Indonesia", Semoga bermanfaat buat bloggers semuaaa....

Negeriku Sayang Negeriku Malang

Indonesia adalah negeri yang memiliki berjuta keindahan alam, tanah yang subur, laut yang luas dengan sumber daya yang melimpah, pegunungan yang hijau nan asri, hutan yang lebat, dan hasil bumi yang meruak. Namun apalah arti dari semuanya apabila dirusak dengan tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab. Dengan berbagai macam cara mereka merusak pertiwi ku yang elok ini. Tidak sadarkah mereka bahwa bumi pertiwi ini lah tempat mereka berpijak? Bumi pertiwi di Negeri tercinta kita ini seharusnya kita rawat agar tetap lestari karena nasib kelangsungan kehidupan generasi penerus bergantung pada keadaan alam dibumi pertiwi sebaliknya nasib bumi pertiwi bergantung kepada lakon pemeran kehidupan yaitu kita sebagai manusia yang menempati bumi pertiwi ini, KITA SEBAGAI BANGSA INDONESIA.

Banyak sekali fenomena-fenomena perbuatan illegal yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggunggung jawab dan yang lebih memilukan lagi yang melakukan hal itu adalah orang dari bangsa kita sendiri demi kepentingan pribadinya mereka melakukan pengeksploitasian secara illegal terhadap sumber daya alam kita dengan merusak alam kita. Sudah sebegitu rusak kah moral bangsa Negeri ini? Mereka keruk isi perut bumi pertiwi ini sedalam-dalamnya untuk mengisi perut buncitnya sendiri, mereka gunduli hutan-hutan di negeri mereka sendiri bak seorang tukang cukur yang ahli, mereka raup ikan-ikan di lautan dengan rakus seperti kucing yang sedang kelaparan lalu mereka rusak alam sekitarnya dengan tangan-tangan kotor mereka. SUNGGUH SANGAT MEMILUKAN.

Pertiwiku yang indah nan permai. Pesonanya mampu menyihir mata yang memandangnya dengan kekaguman akan keindahanya, namun kini memandangnya justru membuat hati pilu merasa miris dan memprihatinkan. Banyak bencana alam terjadi dimana-mana. Ya apa boleh buat keseimbangan alam di negeri ini sudah berkurang akibat tangan-tangan hitam yang merusak alam kita. Ibarat sebuah timbangan yang berat sebelah karena berat beban yang di sebelah kiri lebih berat dibandingkan dengan beban yang disebelah kanan artinya sama dengan hal yag terjadi di Negeri ini yang merusak alam di negeri ini lebih banyak dibandingkan dengan orang yang merawat dan menjaga kelestarian alam di negeri tercinta kita ini.

Kurang ketatkah pengawasan di Negeri ini terhadap hasil sumber daya alamnya? Ataukah memang manusia-manusianya saja yang sudah rusak? Entahlah yang jelas semua ini tidak bisa dibiarkan harus ada penanngananya agar keseimbangan bumi pertiwi ini tetap terjaga dan negeri ini bisa makmur dengan hasil kekayaan alamnya yang melimpah ruah. Tapi kapan semua ini bisa teratasi? Sampai kapan semua ini bisa dihentikan? Hanya satu yang dapat menjawab semuanya yaitu tumbuhnya kesadaran dalam diri kita semua sebagai bangsa Indonesia harus mempunyai rasa memiliki atas kekayaan alam yang ada Negeri kita tercinta, namun bukan berarti merasa memiliki itu malah semaunya dan seenaknya untuk mengeksploitasi secara illegal, akan tetapi dengan cara menumbuhkan rasa ingin menjaga dan merawat keseimbangan alam di Negeri tercinta kita ini selayaknya merawat sesuatu barang berharga yang kita punya, dan salah satu menjaganya adalah dengan tidak lagi melakukan pengeksploitasiaan secara illegal terhadap sumber daya alam kita.

Nah kesimpulan yang dapat kita ambil dari cuplikan di atas adalah kemirisan yang terjadi pada alam di bumi pertiwi kita ini di Negeri Indonesia yang kesesimbangan alamnya terganggu akibat ulah kenakalan manusianya dan yang memprihatinkan yang melakukan kenakalan itu adalah orang-orang dari bangsa Indonesia itu sendiri yang egois dan terlalu rakus. Sebagai bangsa yang baik jangan merusak alam di negeri kita sendiri, justru kita harus merawat dan menjaganya agar tetap lestari karena kalau bukan kita siapa lagi..

Nama : Ainul Mawaddah
NPM  : 10213491
Kelas  : 2EA17

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar