Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jumat, 24 April 2015

Kontribusi dalam Perbaikan Masa Depan Bangsa dan Negara

Hiii Bloggers..............
Kali ini saya mengupload tugas Esai untuk mata kuliah Soft Skill Pendidikan Kewarganegaraan dengan tema "Kontribusi yang bisa dilakukan dalam memperbaiki masa depan Bangsa dan Negara Indonesia", Semoga bermanfaat buat bloggers semuaaa....

“Kontribusi dalam Perbaikan Masa Depan Bangsa dan Negara”

Sebagai seorang warga Negara sudah selayaknya kita ikut berkontribusi dalam melakukan bela Negara. Bela Negara yang dimkasud disini adalah bukan membela Negara dengan menggunakan senjata atau bambu runcing lagi melainkan dengan cara menggunakan segenap akal dan fikiran kita untuk membuat Negara kita menjadi sebuah Negara yang maju dan tidak diremehkan oleh Negara lain ataupun dijajah lagi oleh Negara lain melalui pembodohan bangsa. Nah mau tau apa saja yang bisa kita lakukan dalam hal bela Negara demi kemajuan bangsa dan Negara? Penulis akan mengulas bahasan tersebut pada paragraf-paragraf berikutnya disimak yaa.. J

Membela negara menurut saya merupakan sebuah keharusan bagi setiap warga Negara, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk ikut berkontribusi dalam meperbaiki masa depan bangsa dan Negara baik dari hal yang kecil maupun dalam hal yang besar. Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa yang bisa kita lakukan untuk ikut berkontribusi dalam memperbaiki masa depan bangsa dan Negara adalah dengan cara belajar dengan serius melatih terus kemampuan yang kita miliki. Karena investasi yang besar adalah ilmu dan pendidikan. Majunya suatu Negara pasti ada orang-orang hebat didalamnya, dan orang-orang hebat itu adalah orang yang memiliki ilmu yang tinggi tentunya dengan pendidikan yang tinggi pula.

Suatu Negara bisa maju bukan karena Negara itu awalnya memiliki modal yang banyak, memiliki kekayaan alam yang melimpah atau memiliki luas wilayah Negara yang sangat luas, akan tetapi yang menjadi sumber utamanya adalah Negara itu memiliki orang-orang yang berkemampuan dan kemauan tinggi untuk memajukan bangsa dan negaranya. Hanya untuk sekedar intermezo saja, ambil saja sebagai contohnya Negara jepang dulu Negara jepang tepatnya di kota Nagasaki dan Hiroshima pernah di bom oleh tentara sekutu pada saat itu Negara mereka benar-benar hancur, akan tetapi mereka bisa dengan cepat menjadi Negara yang sangat maju bukan karena punya modal yang banyak toh untuk memperbaiki kota-kota besar mereka yang hancur akibat di bom saja mereka sudah kalang kabut dan akhirnya menyerah membiarkan kita merdeka, lalu bukan juga karena mereka mempunyai kekayaan alam yang melimpah dibandingkan dengan Negara kita kekayaan alamnya mereka sudah pasti kalah toh yang menjadi alasan mereka menjajah kita dulu juga karena kekayaan alam yang kita miliki bukan, dan tidak juga karena luas wilayah Negara mereka yang luas toh luas wilayah mereka pun tidak begitu luas. Akan tetapi, mereka mempunyai orang-orang yang cerdas yang mempunyai pemikiran yang bagus serta ide-ide yang cemerlang, sehingga Negara mereka bisa menjadi Negara yang maju tidak butuh waktu yang sangat lama bagi mereka untuk membangun Negara mereka kembali setelah kota-kota besar mereka diluluh lantakan.

Nah oleh karena itu lah kita sebagai warga Negara Indonesia dan sebagai seorang pelajar atau mahasiswa kita dapat berkontribusi dalam membangun Negara kita dalam rangka meningkatkan tingkat kualitas manajemen sumber daya manusia di negeri tercinta kita ini dengan cara banyak belajar agar bisa menjadi MSDM yang berkualitas, meningkatkan skill atau kemampuan untuk bersaing dengan warga Negara asing, dan terus menimba ilmu sampai pada tingkat yang paling tinggi serta jangan lupa mengamalkan ilmu yang dimiliki demi kemajuan negeri kita sendiri, karena ilmu tanpa diamalkan juga percuma toh.

Nah dari berbagai cuplikan di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa suatu Negara bisa maju apabila Negara tersebut memiliki bangsa yang cerdas sehingga manajemen sumber daya manusianya pun juga berkualitas. Dengan manajemen sumber daya manusia yang berkualitas mereka mampu bersaing dengan Negara-negara lain. Dengan MSDM yang berkualitas pula mereka mampu mengeruk modal yang banyak, membangun berbagai sektor yang mandiri dan produktif, serta mampu menduduki pasar tenaga kerja yang luas. Dan agar Indonesia bisa menjadi Negara yang maju kita sebagai generasi penerus bangsa dan sebagai seorang pelajar atau mahasiswa harus bisa berkontribusi dalam membangun Negara kita menjadi Negara yang maju dengan cara terus belajar mengeruk ilmu sedalam-dalamnya agar nanti kita dapat memajukan negeri ini dengan ilmu yang kita miliki.

Nama  : Ainul Mawaddah
NPM    : 10213491
Kelas    : 2EA17


Tidak ada komentar:

Posting Komentar